cover
Contact Name
Baihaqi Siddik Lubis
Contact Email
baihaqisiddik@umsu.ac.id
Phone
+6281375727705
Journal Mail Official
ejoes@umsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Medan Sumatera Utara-20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EJoES (Educational Journal of Elementary School)
ISSN : -     EISSN : 27454045     DOI : 10.30596
Core Subject : Education, Social,
EJoES (Educational Journal of Elementary School) is an electronic journal that publishes original research papers, review articles by invited experts, and novel technology news related to Elementary School. EJoES has served researchers, teacher educators, and practitioners in the elementary since 2020. EJoEs will be published three times annually, February, June and October (3 issues/year). EJoES publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and research and their implications for teaching practice. In addition, EJoES presents articles that relate the latest research in the development of curriculum, teaching innovation, child development, cognitive psychology, teaching evaluation, and educational policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)" : 6 Documents clear
Efektivitas Hasil Proses Belajar Mengajar Dengan Menggunakan Pendekatan Berbasis TPACK di SD Swasta Yakhada Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara Annisa Putri Harahap; Ismail Saleh Nasution
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 2 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i2.10278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan berbasis TPACK dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan TPACK dan siswa yang tidak menggunakan pendekatan Berbasis TPACK pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 subtema 1 SD Swasta Yakhada Kecamatan Hamparan Perak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri atas 44 siswa, sampel penelitian dipilih atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengambilan sampel penelitian pada populasi kelas, kelas V A sebanyak 23 siswa dan kelas V B sebanyak 21 siswa. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji-t. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, untuk menganalisis data hasil tes pembelajaran menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar atau rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 80,9 dan rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 90. Uji-t pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa t hitung 2,566 > t tabel 0,018 dalam taraf signifikan 5 %. Sedangkan pada kelas control menunjukkan bahwa t hitung 2,772 > t tabel 0,012 dalam taraf signifikan 5 %. Dengan demikian kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan pendekatan berbasis TPACK memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan pendekatan berbasis TPACK.
Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas 5 SD Swasta Budi Mulia Medan Riski Pratiwi; Amin Basri; Suci Perwita Sari
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 2 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i2.10277

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua terhadap kreativitas belajar siswa kelas 5 SD Swasta Budi Mulia Medan. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, jadi jumlah populasi dan jumlah sampel sama yaitu 36 siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Adapun hasil penelitian menjukkan bahwa  Nilai jawaban variabel pendapatan orang tua sebanyak 1943 dengan rata-rata 53,9722, nilai minimum sebesar 46, nilai maksimum sebesar 60, standar deviasi (simpangan baku sebesar 2,98076. Sedangkan total nilai jawaban variabel pendapatan orang tua sebanyak 1923 dengan rata-rata 53,4167, nilai minimum sebesar 47, nilai maksimum sebesar 57, standar deviasi (simpangan baku) sebesar 2,67662. Berdasarkan hasil penelitian dilihat bahwa nilai thitung sebesar 4,889. Sedangkan untuk ttabel Pada N =36-2 yaitu 2,036. Maka thitung 4,889 > ttabel  2,036. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa ada Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas 5 SD Swasta Budi Mulia Medan
Meningkatkan Kemampuan Pada Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Scrip Melalui Supervisi Kepala Sekolah Tanozisokhi Lombu
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 2 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i2.11288

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran Cooperative Scrip. Subjek penelitian guru-guru yang bertugas di SDN 071054 Biouti  jumlah responden 9 orang. Penelitian dilakukan dua siklus dengan instrumen penelitian observasi, evaluasi kemampuan pada akhir siklus dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Scrip dapat dipahami guru dan perlu digunakan dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat melalui hasil olahan data sebagai berikut, awal kemampuan guru-guru menguasai metode pembelajaran Cooperative Scrip 58,14 dengan tingkat penguasaan keseluruhan 33,33%. Setelah berlangsung Supervisi Kepala Sekolah melalui metodeing (simulator) pada siklus I penguasaan guru menjadi 62,59 (50%) peserta sudah memiliki kemampuan yang berubah, artinya 5 orang telah baik, 4 orang kurang. Kemudian pada siklus II terjadi pengulangan Supervisi dari Kepala Sekolah dengan konteks yang sama pada siklus II tapi diperbaiki kesalahan pada siklus I maka diperoleh nilai perubahan kemampuan guru meningkat 70,74 atau 77,77% peserta sudah mencapai keberhasilan. Sisa peserta yang kurang baik sebanyak 2 orang akan ditangani lebih lanjut oleh Kepala Sekolah
Peran Orang Tua Pada Pembelajaran Jarak Jauh Ditinjau Dari Aspek Hasil Belajar Fidela Michaela Vania; Ermawati Zulikhatin Nuroh
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 2 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i2.8906

Abstract

With the emergence of the Covid-19 outbreak, the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology issued Circular Letter number 15 of 2020 which contains about organizing learning from home during the emergency period of COVID-19's spread. That policy makes teaching and learning activities were carried out remotely. Researcher uses kualitatif deskriptif with data collection technique interview. The researcher uses triangulation to check the validity of the data which obtained from several sources. The result of the study shows that some parents are able to know enough about their role as parents in distance learning. It has been described in the indicators of student learning, students who get unsatisfactory learning outcomes can be indicated that the role of parents is low, it can be seen that the role of parents is important in achieving the success of student learning, especially during distance learning.
Analisa Nilai-Nilai Moral Yang Tercermin Pada Tokoh-Tokoh Utama Dalam Legenda Sampuraga Halimah Tussa'diah
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 2 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i2.11235

Abstract

Artikel ini menganalisa tentang nilai-nilai moral dari took-tokoh utama yang ditemukan dalam cerita rakyat Legenda Sampuraga. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menemukan jenis-jenis nilai moral dalam cerita Sampuraga, dan alasan dari keberadaan nilai moral didalam legenda ini. Metode deskriptif qualitative digunakan untuk mendapatkan hasil penganalisaan. Sumber dari data dalam penelitian artikel ini diperoleh dari teks pada cerita,  yang digunakan untuk membantu menemukan jenis-jenis nilai moral. Hasil dari temuan data setelah dianalisa adalah adanya jenis nilai moral : jangan pernah menyerah, altruisme, keberanian, cinta dan kesetiaan, saling menolong, rasa hormat, kejujuran, dusta/bohong, dan kasar. Adapun alasan dari mengapa nilai moral sering ada dalam cerita rakyat adalah karena nilai-nilai moral dapat digunakan sebagai tuntunan bagi masyarakat, khususnya orang tua dalam memberi pendidikan moral bagi  anak-anak mereka, cerita rakyat dapat membentuk kepribadian anak menjadi lebih baik lagi,  disamping juga dapat menarik minat anak untuk membaca cerita-cerita legenda, yang tentunya dapat membawa kebaikan bagi mereka.
Pengaruh pembelajaran daring terhadap konsentrasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDN 054942 Tegal Rejo Fitria Sundari; Indah Pratiwi
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 2 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i2.10275

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap konssentrasi belajar siswa SDN 054942 Tegal Rejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis linear sederhana. Hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh Pembelajaran daring terhadap Konsentrasi Belajar pada siswa SDN 054942 Tegal Rejo yang dilaksanakan dengan cara memberikan angket kepada 36 orang responden dapat dilihat dengan Uji t nilai 7,311 > 2.032 dengan sig 0,000 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square 0,611 atau 61,1% menunjukkan sekitar 61,1% variabel Konsentrasi Belajar (X) dipengaruhi oleh Pembelajaran daring (Y). Sementara sisanya sebesar 38,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel Pembelajaran daring mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,611 atau 61,1% terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SDN 054942 Tegal Rejo.

Page 1 of 1 | Total Record : 6